Minggu, 28 Oktober 2012


Kenalkan Saya Sophie, sengaja saya buat Blog ini dan berharap bisa membantu semua teman-teman yang sedang bingung, pusing, pala cenat-cenut, Jari - jari kesemutan karena mendengar banyaknya persyaratan untuk dipenuhi guna mendapatkan Visa Schengen nan Sakti guna Menembus Eroppppaaaaah.... Ok yuk kita mulai saja. 
Pertama - tama sebaiknya kalian klik http://indonesia-in.nlembassy.org/organization/bagian-dalam-kedutaan/konsuler/visa-schengen/visa-schengen.html penuhi segala prosedurnya, Buat Janji secara Online kemudian bawa Semua Persyaratan ke Kedutaan Belanda di Kuningan Jakarta Selatan, tapi kalau bisa pengajuan Visa jangan pas Pendaftaran Mahasiswa/wi Indonesia ke Belanda yaaa...karena di jamin biasanya mereka yang diutamakan terlebih dahulu.

Biasanya Pihak Kedutaan belanda akan mengajukan persyaratan Visa per 3 Bulan yaitu :

1. Fotocopy Passpor yang masih berlaku untuk 6 bulan kedepan.
2. Fotocopy KTP & KK ( Biar Gak Bolak - Balik yaa ;) )
3. Fotocopy Buku Tabungan, kalo bisa pinjam uang kerabatmu utk sementara waktu sampai Visa di ACC
4. Fotocopy Akte Lahir
5. Print Out Tiket keberangkatan, Minta saja ke Travel Agent tapi jangan dibeli dulu takut Visa di Acc pas Tiket udah gak berlaku.
6. Fotocopy Asuransi Perjalanan, Biasanya Axa mengeluarkan ( saya menggunakan jasa AXA sewaktu ke Belanda ).
7. Surat Undangan dari Gemeente Belanda yang biasanya dikirim oleh Pihak Sponsor dari Belanda
8. Pas Foto untuk Visa uk. 4x2 = 2 Lembar
9. Surat Keterangan kalau kamu mempunyai pekerjaan tetap disini, karena biasanya Pihak Kedutaan  Belanda sedikit Khawatir"Kok bisa kantor memberikan cuti selama 3 bulan".
10. Uang untuk bayar Visa sebesar 60 Euro dalam bentuk Rupiah.
11. Berdoa jangan lupa yaaa.... ^______^

Kemudian setelah itu kamu akan menunggu untuk dipanggil wawancara oleh meuvrow-meuvrow dari pihak kedutaan Belanda, Rileks aja jangan tegang karena sepertinya mereka bisa baca Psikologi kamu...biasanya kamu akan ditanya tentang :

1. Berapa lama disana?
2. Siapa yang jadi Sponsor kamu?
3. Kapan Terakhir kamu bertemu pihak sponsormu?
4. Kalo ambil cuti lama, kerjaan kamu bagaimana? Memangnya apa kerja kamu disini?
 ( Ssst, kalo ini yang pertama kali kamu keluar negri kamu harus sedikit tekankan pada mereka bahwa kamu memiliki kerjaan yang bagus disini, kamu kesana hanya untuk liburan, karena Pihak Belanda takut kalo nanti pas kamu sampai di Belanda akan menjadi Pekerja Ilegal ).


Selesai wawancara kamu bisa langsung pulang dan mereka akan memberitahukan kapan kamu bisa ambil keputusan tentang visa kamu, kemungkinan sih 3 hari kamu bisa dapat jawabannya langsung.
Nah Selamat mencoba yaaa....Oya kalo sudah sampai di sana jangan senang dulu karena biasanya Pihak Imigrasi Belanda sangat Ketat untuk memberikan Cap untuk Passport kamu, jadi biasanya mereka sedikit tanya-tanya sama seperti wawancara di Kedutaan dan terakhir kamu akan di giring ke ruangan yang lebih Privat lagi, biasanya mereka akan memanggil Pihak sponsor untuk datang keruangan tsb, jadi santai aja yaaa , gak usah tegang ;)


Nah kalo untuk MVV( Machtiging tot Voorlopig Verblijf ) kamu biasanya kan mengajukan karena ada niatan untuk tinggal bersama atau Menikah, Nah sekarang mari kita Bahas lagi yaaa...yang satu ini sedikit Rumit, Mumet, Bikin Otak Mampet...Males Makan, Bawaannya mau Online, kasak kusuk cari Ilmu, siapa tau aja Ilmu Kanuragan Mpu Tantular tertular langsung ke kita, Hihihihiii :p

Untuk yang menikah secara Islam ( untuk Agama Lain Maaf saya tidak tau, tapi mungkin kalian bisa cek ke Gereja-Gereja atau Catatan Sipil sesuai Domisili Kalian saat ini ).

Persyaratan - persyaratan untuk menikah di KUA :
a. Pihak Indonesia :
1. Fotocopy KTP, KK Pihak Perempuan
2. Pas foto 2x3=5 Lembar @ Pihak Pria & Perempuan
3. Surat Ket untuk menikah (N1), Surat Ket. Asal Usul (N2), Surat Ket. Orangtua (N4).
4. Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah dari RT - RW kamu tinggal saat ini.
5. Uang untuk pencatatan di KUA, bukan uang untuk menikahkan looh, ini cuma untuk buat jadwal menikah biasanya kamu akan diminta uang 100-150rb ( Ssst, hati-hati banyak Orang KUA Mata Duitan, mentang2 liat Bule langsung merraaah tuh mata, Kasih Insto Cap Duit aja...kamu nego aja yaaa.. Huuuh :( ... )

b. Pihak Belanda :
1. Fotocopy Passport yang belaku sampai 6 bulan kedepan.
2. Fotocopy Akte Lahir ( Indonesian Translate ).
3. Surat Izin dari kedutaan Belanda.
4. Fotocopy Sertifikat Masuk Islam.
5. Surat Tanda Lapor diri dari Kepolisian ( ini bisa nyusul kalo Pacar kamu sudah sampai disini ).

Nah saya harap kalian mempersiapkan itu semua jauh - jauh hari yaaa...karena takutnya kalo apa-apa dadakan akan banyak yang lupa dan terakhir Kepanikan Melanda Seperti Saya Saat Ini....jadinya Andy Lau...Antara Dilemma dan GaLau :D :D :D :D :D... Malam-malam bingung  mau ngapain buka-buka situs dan langsung terfikir untuk membuat Blog dagh ;)
Tapi Gak papa yang Penting Galaunya Positif Dengan Hasil Adanya Blog Ini, jadi bisa saling tukar Informasi  :p B-) :D :D :D
Sambil kamu persiapkan Pernikahan kamu yang amat sangat sakral ada baiknya kamu ambil Kelas Bahasa di Erasmus, jadi pas mau mengajukan MVV semuanya siap sedia...kamu bisa langsung cek di http://www.erastaal.or.id/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=61&Itemid=27&lang=ina untuk pendaftaran silahkan langsung datang ke Erasmus yang juga bertempat di Kedutaan Belanda Kuningan Jak Sel.
Kemudian kalo kamu sudah menyelesaikan Kursus Pemula maka secara otomatis kamu bisa kembali mengikuti kelas Kursus Kemasyarakatan IB2, ini berguna banget untuk mempersiapkan MVV Toets Inburgering... Untuk Persyaratan Mengajukan MVV, kamu bisa langsung cek di http://indonesia-in.nlembassy.org/organization/bagian-dalam-kedutaan/konsuler/visa-schengen/kunjungan-lebih-dari-3-bulan.html.
Tapi yang benar-benar harus kamu ingat adalah jangan mengajukan siap melakukan Inburgering Toets          ( MVV Toets ) Jika belum siap karena sayang uangnya, 350 Euro dan itu dibayarkan oleh Pacar kamu yang ada di Belanda dan dia akan mendapatkan Tanda Buktinya. Yang Harus Kamu Ingat Untuk Prosedur Tahapannya adalah sebagai berikut : 

Ujian Basisexamen Inburgering - Ajukan MVV ( Machtiging Tot Vloopig Verblijf ) - Persiapan Berangkat Dech Ke Belanda.... ;))

Untuk mengikuti Ujian Kemasyarakatan, maka kamu harus mengisi Formulir Online di www.minbuza.nl, membayarkan biaya Ujian sebesar 350 Euro yang nantinya akan ditransferkan oleh Calonmu ke Rekening Bank yang telah ditentukan oleh Pihak IND Belanda dan Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah Besarnya Gaji Kotor Calonmu Minimal 1.450 Euro ( diluar Bonus Uang Zoomer/thn ). Setelah membayarkan biaya Ujian Basisexamen Inburgering maka kamu bisa mengikuti Ujian Kemasyarakatan yang akan di laksanakan di Kedutaan Belanda di daerah Kuningan Jakarta Selatan. Adapun Ujian Kemasyarakatan Mencakup sebagai berikut :

1. Pengetahuan kita tentang Negara Belanda seperti, Ratunya, Hari Kemerdekaan, Sejarah.

2. Kemampuan Bahasa Belanda Kita.
3. Pengulangan beberapa kata yang akan diucapkan oleh komputer dan kemudian diikuti oleh kita pribadi.
4. Beberapa Lawan Kata dalam Bahasa Belanda.




Nah kalo ada Saran lain atau mau menambahkan sedikit, silahkan kalian Post kan saja, saya gak keberatan , toch ini semua untuk kebaikan dan kemudahan kita untuk mendapatkan Visa Schengen dan Visa MVV.




Groetjes

Sophie


47 komentar:

  1. Mb Sophie mw tanya nih mb sy kan rencanany akhir bulan depan akan mengikuti ujian basisexamen inburgering di Jkt,kira2 syarat apa yg kita bawa ke kedutaan belanda ketika kita akan mengikuti ujian basisexamen inburgering di kedutaan jkt? dengar2 kita diwajibkan membawa buku naar nederland ya mb? atau apakah ada dokumen dan syarat lain yg harus disiapkan dan dibawa ketika ujian nanti.Mohon masukan n saran dunk mb apakah ketika ujian nanti ada peraturan cara berpakain jg? Makasih mb Sophie:)

    BalasHapus
  2. Hoi Mb Ayu....Buku Naar Nederland Tidak Usah dibawa karena nanti pas kita ujian Pihak Embassy akan memberikan buku Naard Nederland yang diacak dan kita diwajibkan menjawab melalui Microfon...Sebenarnya Buku Naar Nederland itu Bukan Syarat Mutlak, hanya memang semua materi dan bahan untuk test Examen Inburgering semua ada di situ, jadi saran saya cukup di Hafal saja Gambar dan Jawaban yang ada di Buku Naar Nederland, Tapi ngomong2 Mbnya mau test sudah ikut Kelas di Erasmus gak?Karena Ujian Sekarang benar2 susah loh apalagi pas di last session Waddduuh saya aja keteteran tapi Alhamdulillah Selesai dan Mendapat Hasil Yang Memuaskan :).....Surat2 yang harus dibawa hanya Passport asli saja kok dan Kita Tidak Usah Bawa Apa2 kedalam Embassy karena semua2nya sudah disediakan oleh Pihak Penyelenggara ( Embassy )Nama Mb harus sudah tercantum di Embassy di Jakarta yaaa karena Pihak Kedutaan karena pembayaran kan dilakukan oleh partner kita di IND Belanda...Pakaian yang penting Sopan aja dan jangan sampai telat, usahakan ada di Embassy Minimal 1/2 jam sebelum kita test examen...itu aja sih...Mb Maaf kalo baru sekarang aku bales...aku ini jarang sekali buka Gmail kalo mau Add FB aku aja Nikky_sophie@yahoo.com jadinya kalo mbnya tanya2 aku standby disitu....Oya peraturan terbaru di belanda adalah : Setiap WN asli Belanda yang ingin Partnernya tinggal di Belanda diwajibkan Menikah dinegara masing2 si Patner loh...itupun peraturan baru pertanggal 1 Oct 2012 Meuvrow aku yang kasih tau seisi kelas kemarin...Ok Dech selamat menempuh Examennya yaaa.....


    Groetjes
    ^______^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mb Sophie, sy sharing info ya. Setau saya yang MVV untuk yang single itu juga boleh, nggak mesti harus nikah dulu baru boleh apply MVV. Kalau g percaya telpon saja IND. Nanti di formulirnya ada pilihan apa kita sebagai Partner, Legal Partner(berarti yang sudah terdaftar di notaris Belanda) atan sebagai Suami Istri. Tinggal di centang/silang mana status Anda. Sebaiknya info-info selalu berdasarkan IND, karena IND-lah yang memberi keputusan boleh atau tidaknya. Teman saya dari Ukraina juga single tapi juga bisa dapat MVV dan sekarang sudah tinggal di Belanda 5bulanan. Demikian. :)

      Hapus
  3. Hallo, Mba...

    Senang deh ada yg share pengalaman urus mvv di belanda :)
    Saya yakin Blog ini bs membantu banyak org yg masih "buta" perihal mvv ;)

    Saya sendiri ada beberapa pertanyaan seputar inburgering examen.
    Saya belajar sendiri dr buku naar nederland.
    Yg saya mau tanya, saat ini suami sedang dalam proses pembayaran.
    Kalau kita sudah dapat bukti pembayaran, selanjutnya bagaimana cara bikin janji dengan kedutaan?
    Apakah per telepon atau per email? Bagian kedutaan yg mana yg harus dihubungi?
    Dan apakah bukti pembayaran itu hrs dikirimkan per email oleh suami ke kedutaan atau cukup kita bawa sendiri saat ujian?

    Lalu, model ujiannya seperi apa ya?
    Apakah di setiap pertanyaan ada bunyi bip yg harus ditunggu sebelum menjawab? Karena gak lucu juga kalau saya diem tunggu bunyi, tp bunyi bip itu gak keluar kan ya? :p

    Terima kasih lho sebelumnya :)

    BalasHapus
  4. Buat janji By phone dengan Kedutaan dan kemudian nantinya mereka yang akan menetukan hari atau kita bisa memilih karena mereka akan memberikan Option ke kita...Tapi Terkadang Mereka memberikan kita Jadwal melalui Email ( Seperti Saya )..Jadi Yaa tergantung Kedutaannya Juga sih...Model Ujiannya itu sendiri ada 3 Tahap Yang Pertama Adalah : Buku Naar Nederland akan diavak dan kita harus menjawab jadi secara otomatis kita harus giat menghafalkan Gambar, Pertanyaan dan Jawaban yang ada di Buku Naar Nederland Tsb, Yang Kedua Mengikuti/Mengulang Apa yang dikatakan Oleh Mesin Komputer dan Yang Terakhir sedikit Susah Yaa...Mendengarkan Soal kemudian Ada Jawabannya disitu tetapi Kita Harus Mengatakannya dengan Keras...Jangan Sampai tidak Jelas Karena Katanya Banyak Sekali Yang Gagal di The Last Session..( Alhamdulillah Saya Lulus, ;) Hihihihii )...Terakhir untuk Menjawab Pertanyaan kita harus mendengarkan terlebih dahulu kemudian setelah bunyi Bip Keluar kita langsung menjawab karena pihak kedutaan hanya memberikan 5-6 detik untuk menjawab..Ok Good Luck Ya Ayu....Doei en Keep Contact...Who Knows We Ontmoeten In Nederland Hihihihi ;)

    BalasHapus
  5. terimakasih mbak buat infonya tentang hal urus visa:)
    mbak sophie saya mau tanya kalo saya cuman ingin liburan ke belanda, tapi saya lagi nganggur(tdk bekerja) apakah kira2 sulit ya untuk lolos dlm wawancara di kedutaan belandanya ya?
    thx b4 nih:)

    BalasHapus
  6. Yaa Sepertinya Begitu Mb Via..Tapi Yang Jadi Sponsor Mb Via Nanti ada toch saudara di Belanda, Dan kira2 kalau minta bantuan kantor lama hanya untuk surat keterangan bahwa mb masih kerja di kantor tersebut apakah memungkinkan...Karena terus terang yaa Pihak Embassy takut kalau kedatangan mb nanti hanya menjadi masalah buat Negara Mereka ( Belanda )...Mereka tidak mau terima Resiko Orang2 yang datang ke sini nantinya Hanya akan menjadi Pekerja Illegal yang tidak tercatat di Pajak Pemerintahan, karena apa2 disini selalu dikaitkan dengan perpajakan..Memang sangat Disiplin disini Mb..Nah Saran Saya Minta Bantuan Kantor Lama yang sudah saya jelaskan diatas tadi...dan Kalau Wawancara Nanti, Jawaban Mb Yang Tegas2 saja jangan terlihat berfikir, Bimbang dan Ragu karena biasanya si Pihak Wawancara Tersebut Akan Mempelajari Wajah Mb Juga ( Sisi Psikotesnya ).
    Ok Itu saja Penjelasan dari Saya semoga bermanfaat yaa...Dan Kalau Ke Belanda Keep Contact dengan saya :)

    BalasHapus
  7. Trimakasih untuk infonya mbak
    Saya juga add fb nya mbak utk tanya lebih detilnya
    Makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya Makasih loh Mbnya sdh add aku di FB..Klo saya boleh tau nama Mb Eviana Dewi di FB Siapa yaaa...Hihihiii maaf Ya klo belum sy konfirm karena sy jarang ngecek2 :-P
      Di FB Saya cm utk Games aja B-)B-)B-)B-);-)

      Hapus
  8. halo mba sophie

    saya rencananya akhir bulan depan mau ke belanda untuk liburan (backpacker).
    saya udah sudah terbayang dokumen apa saja yang harus dibawa. saya ingin tanya kalau dokumen yang kita bawa itu harus di fotocopy semua atau hanya bawa yang asli saja? sama di website resminya di katakan membawa keterangan reservasi hotel yang akan di tempati, tapi saya kan disana untuk backpacker jadi saya belum ada reservasi hotel satu pun disana. bagaimana untuk reservasi hotel ya ?

    makasih ya mba.

    BalasHapus
  9. Waddduuh Kalo masalah ini saya kurang tau Yaa Mas Kadok Kodok :p
    Sepertinya Kita Harus Reservasi Hotel dan Kemudian Print Reservasi diberikan ketika kita mau Apply Visa, Tapi Menurut Saya Untuk Lebih Lanjut dan Jelasnya Coba Masse tanya langsung ke Embassy Of Netherlands in Jakarta Yaa...


    :> Groetjes

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh waduh oke deh mba makasih ya udah mau bantu :)

      Hapus
  10. Hello, saya senang bisa ketemu dengan blog ini, sy th 2009 sudah ppernah ikut kursus inburgering, bukunya masih ada tp sy belum jadi berangkat dan pernah ikut examen, yg mau saya tanyakan apakah isi dari buku Naar Nederland untuk tahun 2013 berusbah isinya atau sama seperti dg tahun 2009.
    Juga sy dpt info terbaru bhw sekarang tidak wajib menikah.
    terimakasih

    BalasHapus
  11. oh ya, mau tanya bagian yang mana yg pertanyaannya sekarang makin dipersulit? setau sy minimum 15 % bisa lulus.

    BalasHapus
  12. Hai Lailatul Rahma...Justru Semenjak Bulan November 2012 Kemarin Ketika saya Ikut kelas Inburgering, Meuvrow di Erasmus Mengatakan Bahwa Di Wajibkan Menikah Dahulu di Masing2 Negara dan Baru Boleh Ikut Pasangan Kita Yang Berada di Belanda, Tidak Bisa Samen Wonen Lagi Seperti Yang Dulu2 Karena Pihak Pemerintahan Belanda Banyak Fikir tentang itu dan Banyak yang Merugikan Pihak Belanda tentunya...Dan Untuk Examen Justru Tahun Kemarin Wajib 60-80% Bisa menjawab Pertanyaan yang nantinya diajukan Oleh Pihak Embassy, Kalau Menurut Saya pertanyaan yang tersulit ada di Last Session, Kita harus benar2 Konsentrasi, karena nantinya akan ada 3 Session Nah Biasanya Di Last Session Banyak Yang Failed...Tahun 2009 Lalu Mungkin sedikit Mudah Untuk masuk ke Belanda tapi peraturan semakin tahun semakin banyak yang dirubah dan semakin mempersulit Imigran2 seperti kita ini, Bahkan nantinya kalo kita sudah sampain di Belanda secara Otomatis Kita wajib ikut sekolah Inburgering tahap ke dua, dan sistem pembayarannya semakin tinggi.
    Untuk Lebih Jelas Bisa Langsung Datang dan Menanyakannya di Embassy Of Netherlands di Kuningan Jakarta Selatan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di website IND, Unmarried partner-pun boleh kok apply MVV.
      https://ind.nl/en/individuals/residence-wizard/family/unmarried-partners. Asal dokumen lengkap, maka sama saja seperti Legalized Partner atau Suami Istri nanti bisa dapat MVV juga.

      Hapus
  13. Thank ya infonya, memang sebaiknya menikah dulu,
    Klau boleh saya tau apa bentuk pertanyaan di Lst Sesion itu?
    apakah menceritakan kembali sebuah cerita?
    Karena saya tidak mengikuti kursus paket Inburgering course yang ada buku Naar Nederlandnya.
    Saya dengar katanya ada pertanyaan tambahan
    Terimakasih atas bantuan informasinya

    BalasHapus
  14. Iyyaaa Betul sekali dan Menceritakan kembali sebuah cerita yang nantinya di ajukan oleh pihak Embassy tidaklah gampang yaaa, Yang Penting Banyak Berdoa Saja.


    Good Luck Yaaa

    ^____________^

    BalasHapus
  15. Dear All,

    perkenalkan saya Irfan, sudah lebih kurang 5 tahun dalam pengurusan semua visa, bagi rekan2 yang ada keluhan tentang visa, baik pembuatan appointment visa belanda dan bantuan data bisa menghubungi saya ke 083167809244.pin bb 216dde4a,email : irfanrois62@yahoo.co.id
    thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kepada bapak/ibu yang terhormat, Saya Ashrof sekedar ingin memberikan informasi terupdate untuk proses pengurusan perijinan tenaga kerja asing, seperti misalnya :

      -RPTKA
      -KITAS
      -IMTA
      -VISA TELEKS
      -PEMBUATAN PASSPORT WNI
      -PEMESANAN TIKET HOTEL & PESAWAT
      -ALIH SPONSOR WNI/WNA
      -PERNIKAHAN
      -DOKUMEN PERUSAHAN (PMA)
      -PEMBUATAN STNK/SIM (WNI/WNA)
      -PEMBUATAN PERUSAHAAN (SWASTA/NASIONAL)
      -DAN LAIN LAIN

      Layanan Mesra :
      No. HP : 085959137195 / Ashrof Alhabsyi
      Email : Imigrasistats@gmail.com

      Sekian dan terimakasih untuk informasi yang sekedar nya bisa membantu proses untuk bapak/ibu sekalian.

      Regard's
      Ashrof Alhabsyi
      Marketing Excecutive

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Jadi cerita yang harus kita ceritakan itu pihak Embassy yang mengatakannya ( maksud saya ada orangnya yang mengatakan langsung ke kita)ya, bukan dari telephone Toets seperti yang kita dengar contoh di Paket buku Naar Nederlaand?
    Terimakasih,
    Maaf agak bingung.

    BalasHapus
  18. Oh ia, mohon info , kalau mau beli buku paket Naar Nederlandnya aja dimana ya? karena sy tidak mau ikut kursusya
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. Waddduuh Buku Naar Nederland hanya bisa didapatkan apabila kita ikut kursus erasmus atau mungkin pacar kamu bisa cari2 info dimana bisa dpt buku tsb ( Di Belanda Sedikit Mahal
    ) Kalo menurut saya sebaiknya kamu ikut kursus saja karena nantinya di session ke dua dan ketiga dalam Examen tsb kita akan dapat menjawab pertanyaan2 tsb, karena sudah kita pelajari sebelumnya bersama Guru di Erasmus sedangkan kalo kamu belajar otodidak kemungkinan kamu hanya bisa lancar di sesi pertama yang membahas ttg Buku Naar Nederland.

    BalasHapus
  20. Ttg Hal Yang kita ceritakan kembali yaa berasal dari telefon toets yang ada di Embassy tersebut, jadi di Sesi tsb pertama2 kita disuruh menyimak apa inti isi cerita tsb nah kemudian kita dikasih waktu misalkan 5 menit utk kembali merangkum apa yang diceritakan oleh komputer telefon tsb, Gitu Loh Mb Rahma....Tapi saran Saya ada Baiknya Mb Ikuti kursus kilat khusus buat MVV Studenten di Erasmus, Coba Mb cek di Embassy Kuningan yaaa...Success :)

    BalasHapus
  21. hallo mba shopie mau tny mba.. akhir tahun sy mau ke belanda.. surat undangan dan asuransi pacar sy yg urus, tp mslhnya sy blm bekerja krn msh mahasiswi kira bermasalah gak ya mba? soalx nilai rekening sy jg cukup besar krn sudah di beri pinjaman sm ortu. makasih mba maaf ya bnyk tny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kepada bapak/ibu yang terhormat, Saya Ashrof sekedar ingin memberikan informasi terupdate untuk proses pengurusan perijinan tenaga kerja asing, seperti misalnya :

      -RPTKA
      -KITAS
      -IMTA
      -VISA TELEKS
      -PEMBUATAN PASSPORT WNI
      -PEMESANAN TIKET HOTEL & PESAWAT
      -ALIH SPONSOR WNI/WNA
      -PERNIKAHAN
      -DOKUMEN PERUSAHAN (PMA)
      -PEMBUATAN STNK/SIM (WNI/WNA)
      -PEMBUATAN PERUSAHAAN (SWASTA/NASIONAL)
      -DAN LAIN LAIN

      Layanan Mesra :
      No. HP : 085959137195 / Ashrof Alhabsyi
      Email : Imigrasistats@gmail.com

      Sekian dan terimakasih untuk informasi yang sekedar nya bisa membantu proses untuk bapak/ibu sekalian.

      Regard's
      Ashrof Alhabsyi
      Marketing Excecutive

      Hapus
  22. Ooh y gak papa yg pnting ditabungan ckp byk saving money&all the papiers already finish I think its gonna be okkey with visum ...Yg pnting pas wawancara nnt bnyk doa aja biar Meuvrow2 di Embassy gak belibet nanyanya...Success yaaa ;-)

    BalasHapus
  23. Dag mba sophie.. sy dr mkssar nih mu tanya,dlm wktu dkt tmnku mau mengundang sy ke nl,klu dia sdh undang sy artinya dia kan sdh siap menanggung sy selama -+ 3bulan slma disana,apkah sy msh harus mempunyai sejumlah uang di tabungan? Klu misal sy sdh dpt srt undangan tsb,lalu sy memohon ke ambassade jkt,lalu bgmna dgn tiket?krn tmnku itu yg akan membelikan tiket buat sy... bedankt sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoi mb vewe sorry baru buka gmailnya..Surat undangan secptnya dibwa ke ambassade di jkt nah trus buat jnji utk pmbuatan visa melaui online klo buka httpnya ambassade better in de avond aja gak byk antrian soalnya naah tp seingat saya awalan buat jnji utk pmbuatan visum dan kemudian semua surat2 pnting dibwa ke ambassade say

      Hapus
  24. Hai Mbak Sophie,

    dari cerita dan komentar2 yang masuk, saya mau konfirmasi sekali lagi nih.

    1. Pernikahan yang dimaksud dalam blog dilakukan di Indonesia bukan Belanda ya? (karena melibatkan KUA).

    2. Untuk mendapatkan MVV harus sudah menikah dulu di negara asal?

    3. Jika keduanya adalah warga negara asing, maka mereka tidak boleh menikah di Belanda?

    mohon pencerahannya karena saya (orang Indonesia) dan calon suami (orang Jepang) tidak punya waktu utk menikah di negara asal karena dia sudah akan segera dipindah oleh kantornya ke Belanda. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mb teman sorry bru bls....bs jg menikah di indonesia dan stlh menikah lgsg urus smua surat2 ke embassy sprti yg sy jlskan diatas jd nnt pas mb mau ksini ( Holland ) sdh siap smua...surat2 trlbih dlu translate ke nederlands trs dilegalisadi dibbrp lbga terakhr dikedutaan blnda..Semoga infonya bermnfaat yaa ;)

      Hapus
  25. Hello Mbak Sophie.. td ada disebutin sekitar pertanyaan yg diajuin pihak embassy " kpn terakhir ktmu ma sponsor?" Kl blm pernah ktmu gmn Mbak??.. soalnya Awal kenalnya dr chatting trus akrab ampe ke skype trus kenal semua ma masing2 family. Tp dia bersedia untuk jd sponsor. Kira2 ruwet gak ngurus visanya??.. sorry ya sedikit lucu nanyanya tp drpd bingung. Dank je..

    BalasHapus
  26. Sorry mb sri sy bru buka channel ini...iyya sangat susah krn biasanya prtnyaan seputar si sponsor yaitu dia kpn trakhir ktmu..blm lg bbrp surat keterangan lainnya yg diminta pihak embassy..tp y mb cb sy..yg pntg byk doa aja yaa 😊

    BalasHapus
  27. Salam mba sophie, pertanyaan sy sama dgn mba Sri Infelik. Saat ini sy msh menunggu dokumen sponsor yg akan menanggung sy sepenuhnya dr indo dan kembali ke indo. Dokumen2 tsb otw indo mudah2an minggu depan sy sdh terima. Saya membaca dlm salah satu blog bahwa kenal hanya lewat social media tdk akan pernah di approve sy jd pesimis :( meskipun sy tahu dokumen2 yg sy terima adalah komplit. Menurut mba sophie ada harapan ga visa sy akan di approved . Thx atas saran dan masukannya GBU! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kepada bapak/ibu yang terhormat, Saya Ashrof sekedar ingin memberikan informasi terupdate untuk proses pengurusan perijinan tenaga kerja asing, seperti misalnya :

      -RPTKA
      -KITAS
      -IMTA
      -VISA TELEKS
      -PEMBUATAN PASSPORT WNI
      -PEMESANAN TIKET HOTEL & PESAWAT
      -ALIH SPONSOR WNI/WNA
      -PERNIKAHAN
      -DOKUMEN PERUSAHAN (PMA)
      -PEMBUATAN STNK/SIM (WNI/WNA)
      -PEMBUATAN PERUSAHAAN (SWASTA/NASIONAL)
      -DAN LAIN LAIN

      Layanan Mesra :
      No. HP : 085959137195 / Ashrof Alhabsyi
      Email : Imigrasistats@gmail.com

      Sekian dan terimakasih untuk informasi yang sekedar nya bisa membantu proses untuk bapak/ibu sekalian.

      Regard's
      Ashrof Alhabsyi
      Marketing Excecutive

      Hapus
  28. Salam kenal mba sophie. Saya berencana untuk ke belanda mengunjungi suami yg sedang study di sana. Ada pertanyaan yg hendak saya ajukan. Karena nama saya hanya terdiri dari 2 kata, pada saat saya membuat paspor, nama saya ditambahkan menjadi 3 kata dengan menggunakan nama ayah saya. Pada saat pengajuan permohonan visa, nama mana yg saya pakai? apakah nama saya yg terdiri dari 2 kata (sesuai dengan ktp, kk, akta lahir dan buku nikah) ataukah nama saya yg terdiri dr 3 kata (sesuai dengan paspor) ? suami saya hendak mengajukan surat undangan di gementee setempat, dan pertanyaan nya sama, nama mana yg diisikan di form permohonan, apakah nama saya yg 2 kata atau 3 kata? terima kasih banyak ...

    BalasHapus
  29. @ Mb Indah & Mb Sri Infelik : Yaa memang sedikit susah yaaa tapi yang penting toh sering komunikasi intens melalui skype of yang lainnya yang terpenting adalah Surat Sponsor, Persyaratan yang diajukan oleh pihak embassy of Nederland, kalo itu sudah terpenuhi saya rasa mudah yaa...dan yang terpenting Banyak doa saja, terkadang disaat wawancara untuk visa yang banyak gugup yaa...trus kalo bisa di rekening tabungan ada sedikit uang lebih dan surat keterangan bahwasanya Mba2 sekalian memang ada pekerjaan tetap di Indonesia jadi si Mb Embessy tidak fikir yang macam2, Bijv : Mau ke Belanda cuma kedok mau ketemu pacar gak taunya rencana utama adalah mau kerja dan menetap secara Illegal di Belanda, karena krisis ekonomi saat ini.
    Dan untuk Mb Dwi : Lebih baik nama visa dan nama untuk Gemeente sesuai dengan Passport.
    Demikian Penjelasan Saya Maaf sangaaad saaaaanngaad telat karena saya baru buka berhubung saat ini sedang sibuk Inburgering school.

    BalasHapus
  30. salam kenal
    mau nanya soal buat janji online, kalo aku cek kok fullbook terus ya, kalo terus seperti ini apa yg harus saya lakukan? padahal jadwal berangkat tinggal 1 bulan lagi
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang selalu fullbooked tapi kamu bisa isi yg kosong...yaaah sedikit menyebalkan memang..but keep trying never give it up.
      Sorry telaat reageeren jarang buka2 sayanya 😂😂😂😂

      Hapus
  31. Salam kepada bapak/ibu yang terhormat, Saya Ashrof sekedar ingin memberikan informasi terupdate untuk proses pengurusan perijinan tenaga kerja asing, seperti misalnya :

    -RPTKA
    -KITAS
    -IMTA
    -VISA TELEKS
    -PEMBUATAN PASSPORT WNI
    -PEMESANAN TIKET HOTEL & PESAWAT
    -ALIH SPONSOR WNI/WNA
    -PERNIKAHAN
    -DOKUMEN PERUSAHAN (PMA)
    -PEMBUATAN STNK/SIM (WNI/WNA)
    -PEMBUATAN PERUSAHAAN (SWASTA/NASIONAL)
    -DAN LAIN LAIN

    Layanan Mesra :
    No. HP : 085959137195 / Ashrof Alhabsyi
    Email : Imigrasistats@gmail.com

    Sekian dan terimakasih untuk informasi yang sekedar nya bisa membantu proses untuk bapak/ibu sekalian.

    Regard's
    Ashrof Alhabsyi
    Marketing Excecutive

    BalasHapus
  32. Balasan
    1. Sama2 semoga bermanfaat infonya ya...👍👍👍

      Hapus
  33. Selamat malam Mba Sofie,

    Saya rencana bulan Mei 2017 akan ke Belanda, dan semua pengeluaran akan ditanggung oleh sponsor saya walaupun begitu saya juga menyiapkan tabungan saya. Permasalahan yg membuat saya bingung adalah sponsor saya tinggal di Jakarta bersama dgn istrinya yg org Indonesia, dan teman saya adalah org Belanda asli. akan tetapi mereka juga akan pergi ke Belanda pada bulan yg sama dgn saya hanya lbh dulu, bagaimana ya Mba utk pengurusan sponsorship letternya serta dokumen2 lain yg berhubungan dgn sponsor? Mohon pencerahannya.

    Terima kasih, Gr.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. bagi yang benar benar butuh buku naar nederland untuk di pelajari, bisa email ke aku,
    aku kasi gratis asalkan tidak untuk di jual
    email ke ev4ev4ev4@gmail.com

    BalasHapus